Bukan Sekedar Sedekah Ramadhan

15 Aug 2011

images

Bulan Ramadhan merupakan bulan penghibur hati orang mukmin, tak terkecuali bagai orang yang kekurangan. bulan ramadhan bagi orang yang mampu di gunakan untuk ibadah karena di bulan ramadhan Allah SWT menghambur-hamburkan pahala.

Namun beda bagi orang yang kekurangan, bagaimana harus melakukan tadarus Al-Quran jika berkerja tiada henti demi keluarga yang membutuhkan makan dan minum yang layak untuk di santap berbuka dan sahur.

Dari pendidikan islam saat masih SD kuperolah manfaat sedekah di bulan ramadhan bila bisa membantu mereka yang kekurangan untuk beribadah saat bulan ramadhan maka pahala yang mereka peroleh akan kita dapatkan juga.

Kejadian yang itu terasa nyata nampak pada seorang pedagang makan dan minum di saat berbuka yang mengajak tetangganya yang kekurangan untuk membantu berdagang.

Kita kudekati saat mebeli makanan takjil aku bertanya kepada pedagang \” Bu.. kenapa harus menyuruh orang yang tidak mampu untuk membantu ibu berdagang ? \” Jawab \” Sedekah Ramadhan yang ini dik berbeda dengan cara apa yang banyak orang ketahui.

Kata ibu jangan sedekah tanpa ada solusinya , menurutnya cara ini sangat membantu untuk lepas dari kemiskinan seperti yang adik ketahui dari kegiataan Pos Pemberdayaan Keluarga (POSDAYA).

Kalau kegaiatan ini dilakukan diberbagi daerah mungkin kegiatan mengemis yang martabatnya sangat rendah di hadapan Allah walau berdalil mengambil momentum pahala sedekah saat ramadhan yang sangat besar.

Karena sesungguhnya sedekah dapat membantu negara dalam mengentas kemiskinan bila dibarengi oleh kegiataan ekonomi yang saling menguntungkan. bukan sekedar sedekah ramadhan yang menjadikan kegiataan membuat keresahan dan melanggar aturan-aturan yang negara dan juga agama islam ajarkan.



TAGS Detik Detik Surabaya Comunity Blogdetik ngaBLOGburit


Comment
  • Luis eviden 5 years ago

    Sp tdk bekerja sendiri aja ,ibarat mobil mungkin kita hanya bautnya saja,tapi meski baut kalau baut rem sangat fital.

-

Author

Follow Me