Sejarah Memang Lucu

2 Jul 2012

Mungkin bangsa indonesia punya banyak peninggal sejarah yang tak banyak di pahami oleh masyarakatnya terutama anak mudanya, memang susah mempelajari sejarah apa lagi saat sekolah kita hanya tahu sejarah dari buku .

Berawal dari kegiataan baru ku yang mempelajari sejarah daerah gresik yang mempunyai nama besar dalam perkembangan agama islam di pulau jawa, selain mempelajari lewat internet biasanya saya dan kawan - kawan pencinta sejarah mengunjungi lokasi sejarah itu berada.

seringnya berdiskusi tentang sejarah yang punya banyak versi hingga aku harus bisa berpikir logis, maka aku di tuntut mengambarkan yang sesuai dengan masanya, seperti contoh ” jaman batu masak bunuh - bunuhan pakai celurit ” .

Hal lucu ketika membahas peninggalan sejarah pembuataan barang pecah belah di antara masa singosari - majapahit yang berada di pengunungan kapur utara gresik. di masa itu memang perkembangan usaha maju pesat, bukti tertulispun menyebutkan.

ilustrasi

ilustrasi

Dalam menyebutkan wilayah penghasil barang pecah belah seperti gerabah kalau di artikan untuk masa kini sebagai sentra penghasil, bukan perusahaan seperti yang teman ku pikirkan.

Kalaupun perusahaan hadir di masa kerajaan bisa jadi lucu nama empu pembuat keris , masak emang gandring di panggil owner empu ganding. hal ini yang membuat ragam sejarah dan budaya indonesia sangatlah besar, karena di masa lalu tidak ada hak paten yang di kelurkan oleh pemimpin seperti raja.

Jadi saran saya untuk menceritakan sejarah selain harus paham tentang sejarah yang diceritakan, juga harus menjaga wibawa sejarah agar punya makna yang tersirat dari sejarah itu dapat menjadi motivasi untuk masa depan.


TAGS sejarah gresik sejarah humor


Comment
-

Author

Follow Me