Kreasi Wayang Untuk Anak

13 Jul 2012

Masih segar di ingatan tentang wayang yang telah di akui sebagai warisan budaya benda indonesia dari lembaga yang mengurusi budaya PBB yakni UNESCO, kesenian wayang kulit juga di percaya beberapa animator dunia sebagai salah satu animasi tertua di dunia.

Apa yang bisa kita lakukan untuk melestarikan seni wayang kulit ? Mungkin dengan cara modern kita bisa mengembangkan seni wayang kulit terutama pada anak - anak sebagai aset penting dalam pelestari keseniaan Wayang di Tengah-tengah Generasi Instan.

Seringnya berselancar di dunia online di ketahui bahwa ada anak - anak muda yang berkreasi dalam mengembangkan wayang dalam teknologi informasi melalui e-wayang Mungkin dalam sisi media infomasi ini anak di beri kemudahan ruang untuk belajar lebih jauh memahami wayang.

Tampil Situs E-Wayang

e-wayang / kompasiana.com

Dalam pengenalan seni wayang kepada anak memang membutuhkan cara - cara lebih atraktif dan inovatif, bukan lagi harus di serahkan kepada para dalang yang umurnya rata - rata berusia lanjut. mereka seharusnya terseyum lebar ketika seni wayang lebih berkembang di tangan generasi muda.

Melihat dari jenis-jenis wayang di Indonesia. mungkin seni wayang golek dari jawa barat yang pernah di sukai oleh anak - anak indonesia, dengan bantuan media televisi serta cerita yang lucu hingga timbul sosok imajinatif wayang golek yang di kenal anak - anak dengan nama ” si cepot “.

Si Cepot  Wayang Golek Dari Jawa Barat  ( Sumber Foto : kaskus.co.id )

Si Cepot / kaskus.co.id

Maka dalam memaknai ” Wayang, Dalang Bocah, regenerasi dan pengembangan seni tradisi Indonesia, khususnya wayang di dunia anak-anak Indonesia “, perlu ada generasi muda indonesia yang mau mengembangkan wayang dalam imajinasi mereka . sehingga pesan wayang yang luhur itu dapat sampai dan di pahami generasi muda yang lain, hingga wayang tak lekang tergerus oleh zaman.

Logo Dalang Bocah Blog Competition


TAGS Dalang Bocah Blog Competition Festival Dalang Bocah Berbagi Cerita bersama BCA Seni Wayang Indonesia


Comment
  • theo 4 years ago

    bagus nih, sejak dini anak kecil jaman sekarang lebih baik di jejelin tentang kesenian kaya gini, dari pada nonton acara tv yang isinya boyband :D

  • Aa Pratama 5 years ago

    keren situs online wayangnya,,bisa lebih menarik anak-anak untuk mempelajari wayanng !!!keren cak

  • Mbak Zila 5 years ago
  • sidayu 5 years ago

    keren cak , tapi wayang yang di mainkan nggak ada potehinya :(

  • MdarulM 5 years ago

    Cerita pewayangan sungguh selalu menarik bagiku…cerita-ceritanya lebih inspiratif ketimbang sinetron ditipi.

  • tuban 5 years ago

    top markotop

  • cow 5 years ago

    mantap rek artikele

-

Author

Follow Me